Tridinamika Blog Kontes 2013

Minggu, 16 Juni 2013

Yuk Kita Menghemat Listrik dengan Alat Ukur dan Instrumentasi Tridinamika

Kalau bicara soal penghematan listrik, banyak orang bilang iya deh, ntar saya lakuin. Kenapa sih semua orang pada menunggu nanti dan tidak memulainya saja? Padahal dengan melakukan penghematan listrik, ada banyak keuntungan yang bisa kita peroleh loh. Dalam artikel ini, saya akan mengupas pentingnya penghematan listrik dan apa solusi untuk melakukannya.

Penghematan Listrik
Sebelum membahas penghematan listrik, satu hal yang perlu Anda pahami adalah bahwa menghemat bukan berarti tidak menggunakan sama sekali. Kata menghemat berarti mengurangi penggunaan. Itu berarti jika kita menghemat listrik, kita meminimalisir penggunaan listrik. Mengapa hal ini penting? Dewasa ini, listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Semua barang-barang elektronika yang diciptakan guna mempermudah dan menunjang kehidupan manusia menggunakan listrik. 

Jika satu orang saja menggunakan listrik sebesar 200 watt, bisa Anda bayangkan berapa banyak listrik yang digunakan lebih dari 200 juta penduduk Indonesia. Kasubdit Perlindungan Konsumen Listrik Kementerian ESDM, Wansisma Wansyah mengata-kan bahwa PLN setidaknya masih membutuhkan sebanyak 5 ribu megawatt (Mw) per tahun untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dan industri di Indonesia. (Jaringnews.com)

Padahal PLN sudah mengeluarkan listrik sebesar 53 ribu megawatt. Namun, PLN sendiri masih memerlukan untuk pemenuhan kebutuhan listrik se-Indonesia sebesar 5 ribu mw per tahun. Untuk saat ini PLN baru memenuhi rasionalitas kelistrikannya  hanya sebesar 75% di tahun 2012 dan masih 25% yang belum menikmati listrik bahkan dari subsidi listrik sebagian masyarakat belum merasakan. Hal ini terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur yang masih menikmati listrik hanya sekitar 50%, Papua masih 35% masyarakat yang mendapatkan listrik, belum lagi di daerah lainnya yang masih belum mendapat pasokan listrik.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, rasional bukan kalau kita menghemat listrik? Ada banyak manfaat yang kita bisa peroleh dengan menghemat listrik, misalnya:
- Memperpanjang umur barang-barang elektronika kita,
- Memperkecil biaya  yang kita keluarkan untuk membayar listrik,
- Meminimalisir terjadinya hubungan arus pendek (konsleting),
- Membantu pemerintah dalam pendistribusian listrik ke daerah terpencil, dan
- Mengurangi ketergantungan pada alat elektronika.

Alat Ukur dan Instrumentasi Tridinamika- Solusi Hemat Listrik
Permasalahan listrik di Indonesia ternyata bukan hanya dari segi distribusi tetapi juga kualitas. Yang jadi pertanyaan, bagaimana caranya kita bisa hemat listrik dengan keadaan seperti itu? Caranya adalah dengan menggunakan jasa pengukuran dari Tridinamika. Tridinamika memiliki layanan pengukuran power quality yang dilengkapi dengan event monitoring. Dengan melakukan pengukuran power quality, kita akan mengetahui lokasi penyebab buruknya kualitas powerline dan bagaimana countermeasure yang tepat.

Tridinamika sebagai centre of instrument  telah didukung oleh lebih dari 200 brand alat ukur ternama. Adapun jasa pengukuran yang disediakan dalam 3 paket, yaitu:
Tridinamika memiliki banyak produk instrumentasi berkualitas seperti agilent technologies dan fluke. Produk berteknologi canggih ini bisa membantu kita mengendalikan penggunaan listrik dan melakukan penghematan.

Konsep efisiensi listrik juga menjadi solusi dalam penghematan energi listrik. Energy saving dapat membuat kita mengontrol penggunaan listrik. Misalnya dengan melakukan good maintenance, yaitu dengan mengecheck temperatur, vibrasi dan kualitas listrik menggunakan alat instrumentasi Tridinamika,  dengan demikian ini akan menjaga dan merawat peralatan listrik kita tetap baik. Masih kurang yakin? Liat nih company profilenya Tridinamika.


Berdasarkan company profile di atas, udah jelas banget kalau Tridinamika memang solusi untuk hemat listrik. Jadi bagaimana? Masih mau bilang nanti? Kalau bisa sekarang, kenapa harus menunda-nunda? Mari kita menghemat listrik. Caranya ga susah kok. Rasakan manfaat penghematan listrik dari sekarang. Alat ukur dan Instrumentasi Tridinamika solusi untuk kita semua.


13 komentar:

  1. waah keren bgt nih artikel. oh ya boleh minta pendapat mimin gak nih perihal tugas sekolah ak aja. heheheee
    jaman sekarang kan byk tuh org yg punya hp atau gadget lebih dari 1. apalagi klo gadget nya nguras baterai bgt shg bolak balik harus di charge.
    menurut mimin it termasuk pemborosan listrik gak?
    terus gmana dong cara mengatasinya. padahal byk gadget itu jg krn kbutuhan. sorry ya min ak cerewet :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. nama saya debby. :)
      jangan panggil mimin ah.. ga asikk.. saya juga pemilik blog ini, ga pake admin..
      kamu anak sekolah ya widi? hmmm.. seperti yang widi bilang: byk gadget itu jg krn kebutuhan. iya kan wid, bukan krn keinginan. so, itu bukan pemborosan. namun, alangkah lebih baik jika gadget yang dipilih tidak menguras banyak penggunaan baterai. lagipula gadget itu kan smart thing, seharusnya penggunanya juga cerdas menggunakannya. tentu hal ini menjadi pro dan kontra, tapi kalau saya pribadi menjawab punya hp atau gadget lebih dari 1 bukan pemborosan listrik. kamu ga cerewet wid, sebagai seorang siswa kamu kritis. :)

      Hapus
  2. hahahhaaa sorry deh teh debby :D iya sih saya harap juga gitu. smart phone itu seharusnya bisa membawa user nya menjadi smart juga. tapi kenyataannya malah sebaliknya (*menurut penglihatan saya sih). Kadang saya berpikir, mereka yg punya gadget banyak itu karena sifat konsumtif yg merasa puas karena memiliki barang tercanggih. Hmmm yg begini nih yang sebenarnya gak boleh dipelihara. Secara gak sadar, sebenarnya dia sudah merugikan negara juga karena listrik. Sepele yaa kelihatannya, tapi yaa kadang kita suka lupa hal-hal sepele yang berdampak besar. Untung ada blog nya teteh debby tentang tridinamika. thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok sorry sih wid? kamu kan berpendapat, Indonesia negara demokrasi, semua bebas berpendapat. hehehe.. nah itu, kamu sebagai siswa generasi penerus bangsa harus mampu mengajak orang berpikir smart, jangan kepuasan (sifat konsumtif) aja yang diutamakan.. mungkin dari diri kamu sendiri, punya gadget yang biasa2 ajalah, yg ga borosin listrik.. tapi ya kalo uda terlanjur ada mau bilang apa, untuk ke depannya bisa diperbaiki. tidak ada orang yang sempurna dan sadar betul akan apapun, makanya tulisan seperti ini ada untuk menyadarkan orang tentang penghematan listrik. :) makasih widi.. semoga artikel ini membantu tugas sekolahmu.. :)

      Hapus
  3. bagus nih, konten nya ...semoga juara

    kunjungi : http://catatan-ayah.blogspot.com/2013/06/ekios-jual-beli-online-aman-dan.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas septa.. :)

      udah mas.. tapi kok aneh ya.. bingung sendiri aku mau liat postingan apa.. heheh.. :D

      Hapus
    2. wah selamat sekarang di posisi puncak ... berhasil nih seo nya...

      Hapus
    3. alhamdulilah mas..
      semoga aja berhasil, soalnya saya juga baru dalam hal seo begini.. :)

      Hapus
  4. Wah sangat dan sangat bermanfaat kali Artikel ini kak.

    Namun Penghematan Listrik d jaman Modern ini sangat lah sulit d lakukan.
    d karenakan bnyak nya alat" canggih yg mnggunakan Energi Listrik.

    Sama itu kak seperti Korupsi, sulit untk d Musnahkan dari Negara Tercinta ini
    Bayangkan saja, Kasus Century yg sampai Detik ini blm tuntas
    Bahkan yg baru" trkuat d Kota Medan, yaitu Kasus yg Menimpa Bpk Walikota Medan. Sungguh Miris kali Negara kita ini kak, Kasus nya pd saat Beliau Menjabat sebagai Sekda d salah satu Kabupaten Tapanuli d Tahun 2005, Namun baru tahun 2013 Tercium wangi nya. Mantap kan kak

    Loh kok lari ke Politik yaa
    wkwk

    yaa semoga saja dgn ada nya Artikel ini, Kita Menyadari akan Penghematan Energi Listrik kak.

    Terima Kasih Banyak kk cuanttiikkk

    *DalamKeadaanTerpaksaBilangCantik

    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. aduh aduh kok kamu malah bahas politik.. :D

      sama sama dek, makasi juga udah mampir..
      nah lo itu jangan terpaksa.. kita kan sama sama cantik.. hahaha :D

      Hapus
  5. selamat selalu bertengger di urutas teratas google, pasti susah yah me-maintenance blognya. ayo kejar supaya page rank googlenya tinggi donk bisa dengan backlink berkwalitas
    ...bravo dan salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bingung buat backlink itu mas.. saya cuma sering share aja postingan saya.. makasi mas, mohon bantuannya juga ya. maklum saya baru ikut seo :)

      Hapus
  6. Keren dan lengkap, kunbal ya... http://alatukurdaninstrumentasi.blogspot.com/2013/08/mau-hemat-listrik-tridinamika-saja.html trims..

    BalasHapus